Personality

Monday, November 17, 2008

FISIKA DAN INDUSTRI

SANGAT BERPENGARUH

 

Sesuai perubahan zaman, manusia selalu mengembangkan pikirannya dengan ilmu dan teknologi. Berbagai ilmu sains teruji dengan kapasitas yang memadai dan tentunya berkualitas. Ilmu dan teknologi tersebut tersalurkan dalam segala bentuk industri yang bertujuan pada perkembangan ekonomi suatu instansi ataupun negara. 

Namun, jika kita perhatikan lebih dalam, sesungguhnya berdirinya sebuah industri dikarenakan oleh terciptanya suatu teori pada ilmu fisika. Dan kemudian ilmu fisika tersebut direduksi kembali bahkan dipraktekkan oleh sebuah perusahaan industri yang ke depannya akan maju dan berkembang.
 

Hal demikian telah teruji dengan berbagai perindustrian yang mengalami kemajuan, misalnya adalah penemuan
 liquid crystal (kristal cair) di Amerika telah dijadikan sebagai produk lap-top, smart winddow, disk optik, jam dan TV hemat energi. 

Kemudian penemuan berikutnya adalah
 Polimer. Berupa material dengan susunan molekulnya yang panjang, dapat dijadikan sebagai alat kedokteran (tulang buatan, kulit buatan), perusahaan sepatu sebesar Nike, serta kerangka mobil dalam industri mobil. 

Adapun ilmu bioteknologi, yaitu suatu ilmu fisika yang digunakan dalam ilmu pemetaan genom sebagai pengobatan genetika. Riset komputer melalui pemetaan genom, akan lebih cepat ratusan kali daripada sebuah komputer yang masih menggunakan PC.
 

Selain itu, masih banyak lagi ilmu-ilmu fisika yang dapat mempengaruhi perkembangan industri di manapun, termasuk
Indonesia. Semakin banyaknya para pakar fisikawan di Indonesia, kemungkinan besar negara kita ini akan semakin berkembang pesat layaknya negara-negara besar lainnya. (Prof. Yohanes Surya, Ph.D/rmb) 

 

3 comments:

chel-o-blog said...

mampus ipa banget lo bung.. hahaha

Bunga Ardina Putri said...

hahaha iya dong

anti's blog said...

wah berarti kita harus berterimakasih sama pa ute